Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Rabu, 13 Maret 2024, 14:03 WIB
Last Updated 2024-03-13T07:03:58Z

Suksesnya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024: 632 Pelanggar Ditindak oleh Satlantas Polres Salatiga

Advertisement

 



Laporan: Tatak Priyono


SALATIGAPOS - Dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi (OKLLC) 2024 yang berlangsung sejak 4 Maret hingga 17 Maret 2024, Satlantas Polres Salatiga telah berhasil menindak sebanyak 632 pelanggar lalu lintas. Operasi ini dipimpin oleh Satlantas Polres Salatiga dengan tujuan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.


Dari total pelanggar yang ditindak, terdapat 9 tilang statis, 19 pelanggar yang ditindak melalui ETle Mobile, dan 368 tilang manual. Selain itu, sebanyak 236 kali teguran juga telah dilakukan oleh petugas Satlantas Polres Salatiga.


AKP Suci Nugraheni S.H, Kasat Lantas Polres Salatiga, menjelaskan, "Meskipun OKLLC masih berlangsung selama 4 hari lagi, namun target operasi sudah terpenuhi. Penindakan dilakukan untuk memberikan dampak atau efek jera bagi masyarakat."


Lebih lanjut, AKP Suci Nugraheni menambahkan, "Penindakan dengan tilang dilakukan sebagai tindakan akhir, karena pada operasi saat ini mengutamakan unsur edukasi."


Jenis pelanggaran lalu lintas yang dominan terjadi adalah berkaitan dengan penggunaan helm yang tidak standar, lawan arah, dan overload atau over dimensi. Mayoritas pelanggar berasal dari usia di bawah 25 tahun.


"Kami berharap OKLLC dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepatuhan hukum bagi pengendara kendaraan bermotor, serta menjaga etika dalam berlalu lintas serta mengutamakan keselamatan saat berlalu lintas," tutup AKP Suci Nugraheni, S.H.