Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Minggu, 10 September 2023, 14:01 WIB
Last Updated 2023-09-10T07:02:01Z
SEPUTAR JATENGTERKINI

Koperasi BLN Bangun Pabrik Air Minum Kesehatan Untuk Prajurit TNI

Advertisement


Laporan: Slamet Riyadi


UNGARAN | salatigapos.com - Koperasi Bahana Lintas Nusantara (BLN) Salatiga melalui unit usahanya PT Embun Pagi Nusantara (EPN) meresmikan peletakan batu pertama pembangunan pabrik air minum kesehatan di Desa Brongkol Banyubiru, Kabupaten Semarang Jateng, Sabtu (9/9/2022).


Peresmian dimulainnya ini dilakukan oleh CEO Koperasi Bahana Lintas Nusantara (BLN) KPA, Nicholas Nyoto Saputro bersama dengan  Ketua Induk Koperasi Angkatan Darat (INKOPAD) Brigjend TNI Edy Febriyanto.


KPA. Nicholas Nyoto Saputro kepada wartawan menjelaskan jika Koperasi BLN adalah badan hukum yang berdasarkan atas asas kekeluargaan yang anggotanya terdiri dari orang perorangan atau badan hukum dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya salah satu diantaranya adalah dengan cara membuat unit usaha produksi air minum kesehatan. 


"Air minum yang diproduksi ini menggunakan merek TENINDO yang memiliki arti Tentara Nasional Indonesia. Sebab air mineral ini didistribusikan kepada para  Prajurit TNI melalui Induk Koperasi Angkatan Darat (INKOPAD),"katanya.


Nicholas menjelaskan, pembangunan pabrik dilakukan dilokasi brongkol banyubiru ini karena terdapat  mata air alami yang sangat bagus untuk diproses secara ketat agar menjadi air kesehatan. 


"Produksi air mineral TENINDO akan disediakan dalam berbagai ukuran botol, mulai dari botol kecil dan botol sedang. Kemasan yang berbeda akan memudahkan masyarakat untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan mereka, baik untuk keperluan sehari-hari di rumah, di kantor, atau saat beraktivitas di luar,"terangya.


Nicholas berharap keberadaan pabrik AMDK yang dikelola Tenindo- Inkopad  tentunya nanti akan berdampak kepada perekonomian masyarakat sekitar, dan utamanya prajurit TNI, karena pruduk air minum kesehatan tersebut nantinya tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi menyehatkan yang membuat daya tahan tubuh lebib prima.


"Kami harapkan paling lambat bulan Januari 2024 sudah produksi dan bisa dinikmati oleh prajurit TNI secara gratis,"ucap Nico.


“Mudah-mudahan melalui pembangunan pabrik air mineral kesehatan ini dapat diartikan sebagai awal bangkitnya perekonomian masyarakat di Kabupaten Semarang. Saya minta kepada perusahaan agar nanti perekrutan tenaga kerja lebih mengutamakan masyarakat lokal yang berdomisili di desa ini,"ucapnya.


Ketua Induk Koperasi Angkatan Darat (INKOPAD) Brigjen Edi Febriyanto mengatakan, bahwa TNI AD sekarang ini mempunyai badan usaha, dimana badan usaha ini dilaksanakan oleh Induk Koperasi Angkatan Darat (INKOPAD) serta dinaungi oleh undang -undang (UU). 


"Dalam pembangunan pabrik air minum kesehatan TENINDO ini, INKOPAD bekerjasama dengan Koperasi Bahana Lintas Nusantara (BLN) melalui badan usahanya yaitu PT Embun Pagi Nusantara (EPN) khusus dalam produksi air minum untuk prajurit,"ucapnya.


Diungkapkan Edi, air minum kesehatan TENINDO ini, nantinya wajib dikonsumsi oleh seluruh prajurit TNI, bahkan untuk masyarakat umum. 


"Air putih ini nantinya sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Sekarang ini, kita lakukan peletakan batu pertama untuk proses pembangunan pabriknya,"terangnya.


Direktur PT Embun Pagi Nusantara, KRT Sarwo Edy menyampaikan bahwa pembangunan pabrik ini direncanakan akan selesai dalam tiga bulan mendatang serta pada bulan Januari 2024 sudah di-launching produk air minum kesehatan TENINDO dari pabrik di Banyubiru, Kabupaten Semarang ini. 


"Target produksi sebanyak 30.000 dus dengan kemasan botol masing-masing dikemas dalam botol 350 ml (mili liter),”paparnya.(*)