Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Minggu, 10 September 2023, 02:00 WIB
Last Updated 2023-09-09T19:04:32Z
SEPUTAR JATENGTERKINI

UMKM Kaloran Mulai Menggeliat, Siap Bersaing Di Kancah Nasional

Advertisement


Laporan: Wahono


TEMANGGUNG | salatigapos.com - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Kaloran  mulai menggeliat untuk bisa memposisikan diri di dunia usaha supaya bisa bersaing dengan kota lain.


Hal itu dibuktikan dengan rutinitas pertemuan setiap bulan untuk evaluasi produk yang di hasilkan oleh semua anggotanya. Seperti kali ini, pertemuan rutin diadakan di pendopo Kecamatan Kaloran, Temanggung, Sabtu (9/9/2023).


Selain di ikuti oleh seluruh anggota, acara juga dihadiri Camat dan Ketua UMKM Kabupaten Temanggung. Sebagai narasumber, pengusaha muda dan penggiat UMKM, Aulia Khisan Ahadsa, SH, dan Peppy Bakery sebagai pengisi demo.


Aulia menyampaikan rasa bangganya atas kekompakan UMKM dalam mengikuti acara. Banyak pertanyaan disampaikan oleh peserta, apalagi saat saya sampaikan tentang bagaimana supaya produk mereka lebih disukai konsumen. 


"Saya lebih menekankan supaya anggota memiliki ijin dan sertifikat halal untuk bisa di sematkan di label produk," ujarnya.


Selain tanya jawab tentang hal berkaitan dengan produk, mereka perkenalkan produknya satu per satu. 


"Mereka juga tampak antusias mengikuti baking demo," imbuhnya.


Sementara itu Camat Kaloran, Juli Riastriana, S.sos., M.M., menyampaikan bahwa selaku pemerintah kecamatan dirinya akan selalu mendukung penuh untuk kemajuan UMKM di wilayahnya.


"Saya akan mendukung dan sebisa mungkin mendorong supaya UMKM maju dengan memfasilitasi semampu saya dan memberikan kesempatan pada mereka untuk mempromosikan produk yang mereka hasilkan," tutur Juli.


Acara juga diselingi dengan sarasehan seputar suka dukanya anggota memproduksi hingga memasarkan produk. Setelah semua rangkaian acara selesai, ditutup dengan Pembagian hasil baking demo dan poto bersama.