Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Kamis, 13 Juli 2023, 15:32 WIB
Last Updated 2023-07-13T08:32:13Z
TERKINI

Sat Lantas Polres Salatiga Gencarkan Sosialisasi, Patuhi Lalu Lintas Ya? Biar Dapat Cokelat

Advertisement


SALATIGA | salatigapos.com - Sejak dimulainya Operasi Patuh Candi 2023, Sat Lantas Polres Salatiga secara rutin melaksanakan sosialisasi dan penindakan terhadap  pelanggaran kasat mata  di beberapa titik lokasi di wilayah hukumnya.


Kasi Humas Polres Salatiga, Iptu Henri Widyoriani mengatakan, sosialisasi dilaksanakan dalam rangka untuk mendukung dan  turut serta mensukseskan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023 yang sudah dimulai sejak 10 Juli.


"Sosialisasi digelar juga bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum khususnya peraturan lalu lintas agar bisa menjadi cermin moralitas  bangsa,"kata Iptu Henri kepada salatigapos.com, Kamis (13/7/2023).


Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Suci Nugraheni  mengatakan,  penindakan pelanggaran kasat mata dilaksanakan di dua lokasi terpisah yaitu di Pertigaan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cebongan dan Perempatan JLS  Randuacir Kota Salatiga. 


Anggota yang bertugas langsung melakukan penindakan terhadap pelanggaran seperti tidak mengenakan helm SNI, berboncengan lebih dari satu dan kendaraan tidak dilengkapi dengan TNKB maupun perlengkapan kendaraan yang tidak standart (Knalpot brong).


"Belum ada satu jam kita melaksanakan penindakan terhadap  pelanggaran kasat mata di dua lokasi rawan terjadinya pelanggaran. Dalam pelaksanaanya kita berhasil melakukan penindakan terhadap sekitar enam puluh pelanggar lalu lintas yang didominasi pelanggaran tidak menggunakan helm SNI, satu pelanggar knalpot brong juga berhasil kita amankan,"jelas AKP Suci saat dikonfirmasi di sela memimpin pelaksanaaan kegiatan.


AKP Suci menjelaskan, pada pelaksaan kegiatan ini tidak hanya melaksanakan sosialisasi dan penindakan terhadap pelanggar lalu lintas. Namun juga memberikan apreiasiasi kepada pengendara yang tertib berlalu lintas, walaupun hanya berwujud pemberian bernilai kecil, namun ini merupakan wujud perhatian kita kepada masyarakat.


"Excited terhadap pengendara motor yang memboncengkan anaknya yang masih kecil,  komplit menggunakan helm kita apresiasi dengan memberikan coklat,"terangnya.


Lebih lanjut Kasat Lantas Polres Salatiga menyampaikan bahwa Satlantas Polres Salatiga mengedepankan tindakan preventif, tetapi apabila kita temukan pelanggaran tentunya akan kita laksanakan penindakan.


"Dari hasil pengamatan khususnya selama Operasi Patuh Candi 2023 ini untuk masyarakat Kota Salatiga sudah tertib dalam berlalulintas walaupun masih ada beberapa pelanggaran, namun tugas kamilah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat secara humanis tidak arogansi agar tertib berlalu lintas,"paparnya.


Kasat Lantas juga berharap, dengan adanya Operasi Patuh Candi 2023 ini kesadaran masyarakat untuk disiplin dan patuh peraturan lalu lintas meningkat, keselamatan juga meningkat dan dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas utamanya fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas, sehingga masyarakat Kota Salatiga dapat menjadikan keselamatan menjadi yang pertama dan utama dalam berlalu lintas.


Sementara itu, Tantowi salah seorang pengendara yang tertib berlalu lintas dan anaknya mendapatkan sebatang coklat, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Satlantas Polres Salatiga, tertib berlalu lintas merupakan faktor utama terjaminnya keselamatan, sehingga sejak dini kita ajarkan kepada anak kita untuk disiplin.



Reporter: Slamet Riyadi