Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Sabtu, 02 Maret 2024, 12:35 WIB
Last Updated 2024-03-02T05:35:17Z

Polres Salatiga Gelar Operasi Keselamatan Candi 2024 Selama 14 Hari

Advertisement

 






Laporan : Tatak Priyono

SALATIGAPOS.COM - Polres Salatiga menggelar operasi terpusat dengan sandi Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 di lapangan apel Bhayangkara mapolres setempat. 


Kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas (Keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) yang kondusif.


Sebanyak 350 personil terlibat dalam kegiatan tersebut, termasuk dari internal Polres Salatiga beserta jajaran Polsek, pelajar, komunitas motor, dan instansi terkait.


Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari menyampaikan bahwa pelaksanaan OKLC 2024 ini mengedepankan edukasi kepada masyarakat melalui upaya preemtif dan preventif. OKLC akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai hari Senin 4 Maret  hingga 17 Maret 2024.


"Meskipun demikian, penegakan hukum terhadap pelanggar aturan lalu lintas tetap dilakukan menggunakan tilang,katanya"

Sebagai upaya preemtif, lanjut Kapolres,  jajaran lalu lintas Polres Salatiga akan melakukan pembinaan dan penyuluhan ke berbagai komponen masyarakat, seperti pondok pesantren dan sekolah-sekolah, serta melaksanakan pengecekan kendaraan dan menggelar klinik kesehatan bagi para pengemudi.


"Operasi ini akan menyasar segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menimbulkan kemacetan, pelanggaran, serta laka lantas yang berakibat fatalitas,"jelasnya.


Kapolres menambahkan, sasaran utama kegiatan Operasi Keselamatan Candi 2024 adalah pengendara yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan spesifikasi, melawan arus, tidak menggunakan helm/sabuk keselamatan, menggunakan hand phone saat berkendara, parkir tidak pada tempat yang ditentukan, melebihi batas kecepatan, melebihi muatan dan dimensi.


"Saya berharap dengan diberlakukannya operasi ini, masyarakat semakin tertib dalam berkendara demi keselamatan diri sendiri dan orang lain, serta kondusifitas kota Salatiga tetap terjaga,"pungkas Kapolres.(*)