Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Minggu, 03 Maret 2024, 12:35 WIB
Last Updated 2024-03-03T05:35:45Z
BALAI KOTATERKINI

Pertunjukan Teater Getar di UIN Salatiga, "Kebijaksanaan Iblis" Memukau Penonton Penuh Pesan Moral

Advertisement


SALATIGAPOS.COM - Menjelang bulan suci Ramadhan 1445 H, Teater Getar atau Teater Gema Tarbiyah Unit Kegiatan Mahasiswa Universiras Islam Negeri Salatiga (UKM UIN) menggelar pertunjukan dengan lakon "Kebijaksanaan Iblis" di Gedung Kampus 1 UIN Salatiga, Sabtu malam.


Dikutip dari salah satu kisah dalam kitab Ihya Ulumudin, lakon ini mengadaptasi kisah seorang penebang pohon yang alim yang digoyahkan keyakinan dan keikhlasannya di jalan Allah SWT oleh sosok iblis yang bijaksana.


Rafli, Lurah Teater Getar, menjelaskan, "Pertunjukan malam ini kisahnya diambil dari salah satu kisah dalam kitab Ihya Ulumudin tentang kisah penebang kayu dan iblis. Kisah ini sudah menjadi viral dan dapat dilihat di YouTube. Kemudian, kita mengadaptasi kisah tersebut menjadi naskah teater."


Pertunjukan yang memakan waktu persiapan lebih dari 2,5 bulan tersebut mengandung nilai pesan moral dan syiar bahwa dalam beragama, manusia tidak seharusnya mengklaim dan merasa keyakinannya paling benar.


"Pesan syiar dalam pertunjukan ini adalah bahwa kita dalam beragama tidak boleh terlalu keras atau kolot, karena apa yang kita yakini belum tentu kebenarannya," tambahnya.


Para aktor dalam pertunjukan "Kebijaksanaan Iblis" disutradarai oleh Faizal Abdilah alias Kliwon, dengan pemeran Alim (Ustad) diperankan oleh Lemper, istri alim - Mengguk, Iblis - Mantol, Kakek - Gendel, Surti - Engklek, Doyok - Jenset, Karyo - Garet, Anak Kecil - Sutris, Penari - Cerobong, Penari - Lemek, Penari - Biyung, Limbuk, Oleng, Tamam/Wateg, dan Masyarakat Nenek - Isna.


Pertunjukan ini berhasil memukau penonton dengan pesan moral yang disampaikan melalui lakon yang menginspirasi.