Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Senin, 26 Februari 2024, 11:54 WIB
Last Updated 2024-02-26T04:54:35Z
BALAI KOTAKABAR TNITERKINI

Sukseskan Program TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0714/Salatiga, Anggota Koramil 01/Sidomukti Bantu Warga Pembuatan Talud

Advertisement


Laporan: Tatak Priyono


SALATIGAPOS.COM - Sebagai bagian dari upaya mensukseskan program TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0714/Salatiga dan swasembada pangan, Anggota Koramil 01/Sidomukti turut membantu warga masyarakat di wilayah binaan dalam kegiatan pembuatan Talud di area persawahan.


Pembuatan talud saluran irigasi dilakukan di lahan persawahan Dusun Plompongan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga pada hari Senin, (26/02/2024).


Serma Haryaga, Batuud Koramil 01/Sidomukti, menjelaskan bahwa pembangunan talud saluran air ini bertujuan untuk mempermudah pengairan lahan pertanian serta sebagai langkah antisipasi terhadap longsor yang dapat menutup saluran air saat musim penghujan.


"Saluran irigasi ini penting untuk membagi arus aliran air ke masing-masing sawah, sehingga petani tidak kesulitan dalam memperoleh air untuk mengairi sawah mereka," ujarnya.


Kapten Inf Agung Kartika, Danramil 01/Sidomukti, menambahkan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, TNI memiliki tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui program TMMD Sengkuyung Tahap I TA 2024.


"Apa yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan bentuk implementasi dari undang-undang TNI," katanya.


"Program TMMD Sengkuyung dan peningkatan swasembada pangan tidak hanya fokus pada lahan pertanian, tetapi juga pada sarana penunjang seperti pembangunan saluran irigasi yang memiliki peran vital dalam pertanian," tambahnya.(*)