Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Jumat, 15 Desember 2023, 17:31 WIB
Last Updated 2023-12-15T10:31:49Z
KABAR TNITERKINI

Upacara Hari Juang TNI AD ke-78 di Salatiga: Kemanunggalan TNI AD dan Rakyat untuk NKRI

Advertisement


Laporan: Slamet Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Kodim 0714/Salatiga menyelenggarakan upacara Hari Juang TNI AD ke-78 Tahun 2023 di lapangan Makodim 0714/Salatiga, Jalan Diponegoro No 35 Salatiga. Komandan Kodim 0714/Salatiga, Letkol Inf. Ade Pribadi Siregar S.E, M,S,I, menjadi inspektur upacara, sementara Danramil 06/Tengaran Kapten Inf Rahmad bertindak sebagai komandan upacara.


Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Letkol Inf Ade Pribadi Siregar menyampaikan selamat Hari Juang TNI AD Tahun 2023 kepada segenap prajurit dan pegawai negeri sipil TNI AD. Ucapan terima kasih disertai penghargaan diberikan atas pengabdiannya selama ini.


Hari Juang TNI AD dianggap sebagai momentum penting untuk mengenang perjuangan pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Dandim menjelaskan kisah Jendral Sudirman yang memimpin pasukan di pertempuran Ambarawa dengan keteguhan dan keberanian meski dalam kondisi sakit.


Dandim menyoroti tema Hari Juang TNI AD Tahun 2023, "TNI Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam untuk NKRI," sebagai panggilan untuk memperkuat kemanunggalan TNI AD dan rakyat. Dia juga menekankan pentingnya berperan aktif dalam pelestarian alam.


Dandim mengajak semua untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita para pahlawan, menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Terkait tahun politik 2024, Dandim mengimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kerawanan yang mungkin muncul, serta menegaskan komitmen netralitas TNI.


Upacara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Dandim sebagai ungkapan rasa syukur di Hari Juang TNI AD Ke-78.(*)