Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Rabu, 06 Desember 2023, 15:03 WIB
Last Updated 2023-12-06T08:04:58Z
BALAI KOTATERKINI

Tingkatkan Kesiapan Hadapi Natal dan Tahun Baru, Satlantas Polres Salatiga Lakukan Pemeriksaan Sarana Lalu Lintas dan Kendaraan Dinas

Advertisement

Laporan: Slamet Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Salatiga intensif melakukan pemeriksaan sarana prasarana penanganan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan kendaraan dinas, sebagai langkah persiapan menghadapi musim hujan, Natal, dan Tahun Baru. Pemeriksaan ini dilakukan pada Rabu, 6 Desember 2023, pagi.


Kasatlantas Polres Salatiga, AKP Suci Nugraheni, menyampaikan bahwa apel dan kesiapan anggota ini menjadi bagian dari persiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru, terutama dengan memasuki musim hujan. 


"Harapannya dengan adanya pemeriksaan dini, pelayanan masyarakat dapat lebih maksimal dan cepat," ujar Suci.


Pemeriksaan peralatan anggota, termasuk rompi, jas hujan, dan senter, dilakukan setelah apel pagi dan dihadiri oleh sejumlah perwira di jajaran Satlantas Salatiga. Selain itu, dilakukan pengecekan terhadap 7 mobil dinas dan puluhan sepeda motor dinas untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi.


Kasat Lantas menegaskan bahwa persiapan ini juga merupakan respons terhadap musim hujan dan meningkatnya aktivitas selama Natal dan Tahun Baru. Terkait dengan kecelakaan di Salib Putih, Satlantas akan memasang himbauan di jalur rawan laka sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran pengendara.


"Kita akan pasang himbauan dan pengumuman di daerah rawan laka, harapannya pengendara dari luar kota paham akan jalan yang mereka lewati," ungkapnya. 


Satlantas juga memasang lebih banyak rambu-rambu di jalur menurun tajam yang sering menjadi lokasi kecelakaan.


Mendekati hari libur Natal dan Tahun Baru, patroli keamanan malam ditingkatkan untuk mencegah balap liar. AKP Suci menjelaskan bahwa setiap malam dilakukan patroli di titik-titik yang sering dijadikan lokasi balap liar.


"Operasi Natal dan Tahun Baru akan berlangsung mulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan perlengkapan anggota memenuhi standar. Satlantas Polres Salatiga memiliki 69 personil yang siap melaksanakan operasi natal dan tahun baru," tutup AKP Suci.(*)