Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Rabu, 06 Desember 2023, 14:58 WIB
Last Updated 2023-12-06T07:58:14Z
BALAI KOTATERKINI

Latihan Dalmas Operasi Mantap Brata 2023-2024, Kapolres Salatiga Pimpin Perwira Jajaran Untuk Memastikan Keamanan dan Kesiapan Personel

Advertisement


Laporan: Slamet Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Dalam upaya menjamin kelancaran dan keamanan Operasi Mantap Brata 2023-2024, Kapolres AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi memimpin seluruh Perwira Jajaran Polres Salatiga dalam latihan Pengendalian Massa (Dalmas) di Lapangan Hitam Polres Salatiga pada Rabu, 06/12/2023.


Latihan Dalmas ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh perwira memahami pergerakan pasukan saat pengendalian massa, sehingga dapat dilibatkan secara efektif dalam pelaksanaan tugas. 


"Kesiapan personel, perlengkapan, dan peralatan harus dipastikan agar Operasi Mantab Brata Candi 2023-2024 dapat berjalan lancar," ucap AKBP Aryuni Novitasari.


Selain itu, latihan tersebut juga bertujuan untuk memastikan kesiapan personel, sarana prasarana, administrasi pendukung operasi, serta posko operasi. 


"Personel yang disiapkan sebagai pasukan Power On Hand harus siap digerakkan dalam situasi tertentu, dan perwira sebagai pengendali harus memahami tugas tersebut untuk menghindari dampak merugikan masyarakat," tandas AKBP Aryuni Novitasari.


Sebelumnya, Polres Salatiga telah melatih pasukan Power On Hand yang terdiri dari 65 personel Dalmas dan 25 personel pengurai massa (raimas) sebagai bagian dari persiapan Operasi Mantab Brata Candi 2024. 


"Latihan Dalmas khusus perwira hari ini menekankan pada keselamatan, kekompakan, dan kedisiplinan, karena perwira adalah contoh bagi anggotanya," tambah AKBP Aryuni Novitasari.


Latihan Dalmas mencakup sikap dasar pengendalian massa, mulai dari cara memegang tongkat dan tameng, cara berjalan, cara mendorong dan mendesak massa, hingga sikap berlindung. Upaya ini dilakukan guna memastikan bahwa keamanan masyarakat terjamin dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri tetap tinggi.