Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Selasa, 05 Desember 2023, 00:36 WIB
Last Updated 2023-12-04T17:37:13Z
SEPUTAR JATENGTERKINI

Ketua Pembangunan TPS-3R Desa Rembes Bantah Terkait Pemberitaan Dugaan Penyimpangan, Begini Jelasnya

Advertisement


Laporan: Slamet Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Ketua Pelaksana Pembangunan Gedung Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS-3R) di Desa Rembes, Muhamad Abadi, menegaskan bahwa berita dengan judul "Kontroversi Gedung TPS-3R Desa Rembes, Anggaran Rp. 500 Juta Belum Terasa Manfaatnya, Diduga Ada Indikasi Penyimpangan" tidak benar.


Abadi menyatakan bahwa pelaksanaan proyek sesuai prosedur dan tidak merugikan pihak manapun, serta telah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).


Menyikapi penggunaan batu dari lingkungan sekitar, Abadi menjelaskan bahwa penggunaan anggaran untuk batu telah dianggarkan sesuai RAB. 


Namun, karena kondisi lokasi pembangunan yang tidak rata, desa memanfaatkan batu yang tersedia di sekitar, mengakui kebutuhan batu lebih banyak dari perkiraan.


Abadi menekankan bahwa tidak ada pengurangan anggaran untuk belanja batu dan merinci upaya pengembangan, termasuk akses jalan dan pembelian sepeda motor tosa untuk pengangkutan sampah.


Meskipun TPS belum difungsikan secara maksimal, Abadi menyatakan pemikiran untuk memanfaatkannya di masa depan. Desa telah menyiapkan program, termasuk hasil dari studi banding, untuk pengolahan sampah.


Abadi berharap masyarakat bersama-sama sadar lingkungan, menjaga kebersihan, dan aktif memanfaatkan TPS dengan baik.