Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Selasa, 12 Desember 2023, 20:36 WIB
Last Updated 2023-12-12T13:36:51Z
BALAI KOTAKABAR TNITERKINI

Keren! Koramil Sidomukti Salatiga Melibatkan Anak Punk dan Anak Jalanan dalam Kegiatan Bersih Lingkungan

Advertisement


Laporan: Ferdy S

Editor: Slamet Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Koramil 01 Sidomukti/Kodim 0714 Salatiga memperlihatkan inisiatif luar biasa dengan mengorganisir kegiatan bakti sosial bersih lingkungan di Pasar Rejosari (Pasar Sapi) pada Selasa pagi (12/12/2023). 


Acara tersebut melibatkan tidak hanya aparat lintas sektoral, tetapi juga komunitas anak punk dan anak jalanan.


Kapten Inf FX Agung Kartika, Danramil 01 Sidomukti Kodim 0714 Salatiga, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk mengatasi masalah banjir akibat sampah dan mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. 


Meskipun awalnya anak punk dianggap membuat resah, Kapten Agung mengungkapkan bahwa mereka tetap merupakan bagian dari anak bangsa yang perlu dilibatkan dalam kegiatan positif.


"Mereka perlu diwadahi dan diarahkan ke kegiatan positif sebagai upaya mendekati mereka," kata Kapten Agung. 


Langkah ini diharapkan dapat membuat anak punk merasa memiliki Kota Salatiga, terutama karena banyak dari mereka adalah pendatang dari berbagai daerah.


Dalam waktu yang akan datang, Koramil Sidomukti berencana untuk menggandeng komunitas anak jalanan dalam kegiatan lain, seperti penanaman pohon dan pelatihan keterampilan. 


Kolaborasi unik ini diharapkan menciptakan suasana yang berbeda dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memberikan pelajaran berharga kepada anak punk bahwa mereka juga merupakan bagian dari masyarakat yang perlu dilibatkan dalam kegiatan positif.


Wahyu, seorang anak jalanan, menyampaikan kegembiraannya karena diajak untuk membersihkan lingkungan pasar dan perempatan tempatnya sering berada. 


Ia menerima pesan dari TNI untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan melihat kegiatan ini sebagai kesempatan positif.