Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Jumat, 01 Desember 2023, 16:27 WIB
Last Updated 2023-12-01T10:16:05Z

Hujan Deras, Pondasi Tanggul Proyek Perumahan Jebol Terjang Rumah Warga di Blotongan

Advertisement


SALATIGAPOS.COM-Hujan deras yang melanda Kota Salatiga pada Jumat (1/12/2023) siang hingga sore menyebabkan pondasi proyek perumahan di Jalan Gajah RT 05 RW 01 Kelurahan Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga jebol. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.50 WIB.


Ari, seorang warga, menjelaskan bahwa tembok penahan yang jebol merupakan bagian dari proyek perumahan.


 "Tembok yang jebol itu milik proyek pembangunan perumahan," katanya.


Dalam insiden tersebut, satu rumah warga mengalami kerusakan, dan rumah milik Suki juga terkena dampak. 


Ari berharap pihak pengembang dapat menangani dengan baik dampak dari jebolnya tanggul tersebut. 


Ia menyoroti pentingnya pembuatan pondasi yang kuat dan saluran pembuangan air yang memadai dalam proses pembangunan perumahan. 


"Jangan seperti ini, warga yang terkena dampaknya tidak diperhatikan. Seperti rumah saya ini juga selalu terkena dampak," ungkapnya.


Pantauan di lokasi kejadian menunjukkan dampak serius akibat jebolnya pondasi proyek. Diduga pondasi jebol akibat tidak kuat menahan air yang tergenang hingga akhirnya  menerjang rumah warga yang berada di bawah pengerjaan proyek tersebut. Sejumlah rumah warga pun rusak dan air masuk ke dalam rumah. Selain itu, akses jalan di sekitar lokasi juga mengalami keretakan.


Kejadian ini memperlihatkan betapa pentingnya penanganan cepat terhadap dampak jebolnya tanggul proyek perumahan. Pihak berwenang diharapkan segera mengambil langkah-langkah preventif dan rehabilitatif untuk mengatasi situasi ini.


Hingga berita ini diturunkan, warga setempat masih berada di lokasi kejadian, guna membersihkan dan berjaga-jaga menghadapi potensi jebol susulan. Hujan deras yang masih berlangsung menjadi faktor utama dalam mempertahankan kewaspadaan.(*)