Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Selasa, 12 Desember 2023, 21:24 WIB
Last Updated 2023-12-12T14:24:24Z
BALAI KOTAPOLITIKTERKINI

Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet Digerakkan di Kota Salatiga, Menangkal Hoaks dan Politisasi Sara dalam Persiapan Pemilu 2024

Advertisement



Laporan: Slamet Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Sebanyak 25 orang dari berbagai organisasi kemahasiswaan dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) di Kota Salatiga telah berpartisipasi dalam kegiatan "Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet."


Acara dengan tema 'Penanganan Hoaks dan Politisasi Sara di Media Sosial dalam Rangka Mewujudkan Pemilu Damai' digelar di Hotel Grand Wahid Salatiga pada Selasa (12/12/2023).


Ketua Bawaslu Kota Salatiga, Dayusman Junus SPd, menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah menjadikan peserta sebagai 'pioneer' dalam menangkal berita hoaks dan sebagai corong bagi Bawaslu untuk menyampaikan pencegahan berita hoaks. 


Peserta diharapkan menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam menciptakan lingkungan pemilu yang bersih dan damai.


Dayusman menambahkan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang perkembangan dan regulasi pengawasan konten internet pada Pemilu 2024. Selain itu, kegiatan ini mengajak masyarakat untuk aktif mengawasi beredarnya berita hoaks dan politisasi sara pada Pemilu 2024.


Kegiatan ini dibuka oleh Lukman Fahmi, anggota Bawaslu Kota Salatiga, dan menghadirkan dua nara sumber utama. Kasat Reskrim Polres Salatiga, AKP M Arifin Suryani SSos MH, memberikan materi tentang "Pengawasan & Penanganan Penyebaran dan Penanganan Berita Hoaks serta Politisasi Sara di Medsos pada Pemilu 2024". 


Sementara itu, Jasson Prestiliano ST MCs, Dosen FTI UKSW Salatiga, menyampaikan materi "Pencegahan Penyebaran Berita Hoaks & Politisasi Sara di Medsos pada Pemilu 2024".


Moderator kegiatan adalah BW Heru Santoso, wartawan media online Oligarki.id. Peserta yang hadir berasal dari unsur Panwaslu Kecamatan (Sidomukti, Argomulyo, Tingkir, dan Sidorejo), SKPP, HMI, KAMMI, GMKI, PMKRI, PMII, IMM, dan SMU UKSW.(*)