Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Senin, 06 November 2023, 15:04 WIB
Last Updated 2023-11-06T08:04:16Z
BALAI KOTATERKINI

Penjabat Wali Kota Salatiga Sambangi SDN Salatiga 03, Ajak Anak dan Orang Tua Perkuat Hubungan dengan Sekolah

Advertisement

Laporan: Harvi Candra

Editor: Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Hari Senin, 06 November 2023, di SDN Salatiga 03, Salatiga, menjadi momen yang penuh kejutan bagi murid dan guru ketika Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi, secara tiba-tiba mengunjungi sekolah mereka. Kehadiran Sinoeng bukan hanya sekadar pengawasan upacara bendera, tetapi juga untuk memberikan pemahaman tentang konsep "merdeka belajar" kepada seluruh komunitas sekolah.


Dalam upacara bendera yang digelar di halaman sekolah, Sinoeng N Rachmadi menjadi inspektur upacara, mengambil peran penting dalam memberikan pesan kepada anak didik, guru, dan orang tua. Dalam sambutannya, Sinoeng menekankan pentingnya merdeka belajar dan bagaimana tekanan dari orang tua saat penerimaan rapor dapat mempengaruhi proses pembelajaran.


Ia mengajak orang tua untuk lebih aktif terlibat dalam kehidupan sekolah anak-anak mereka, bukan hanya saat menerima rapor. Menurutnya, keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah dapat memperkuat komunikasi antara sekolah dan keluarga serta membantu mengatasi masalah yang muncul dalam pembelajaran.


"Ini penting sebagai sarana komunikasi antara sekolah dan orang tua murid. Dengan begitu, masalah-masalah yang muncul bisa dibahas bersama. Apakah proses pembelajaran di sekolah masih memerlukan perbaikan atau tidak," ujar Sinoeng.


Sinoeng juga memberikan pesan khusus kepada murid-murid SDN Salatiga 03. Ia mendorong mereka untuk tidak hanya mengejar kecerdasan akademis, tetapi juga untuk memiliki sikap yang baik dan sopan terhadap orang yang lebih tua.


"Menjadi anak yang cerdas itu keren, tetapi cerdas saja tidak cukup jika tidak sopan kepada orang tua, guru, teman, dan tidak menyayangi adik-adik. Jadi mulai sekarang, hormati orang tua, guru, orang yang lebih tua, dan sayangi teman-temanmu," tegasnya.


Selama kunjungannya, Sinoeng juga berkesempatan untuk mengunjungi murid-murid kelas 1. Diiringi oleh guru-guru, ia memberikan pengantar belajar tentang bagaimana bersikap baik kepada guru, orang tua, dan teman. Para murid pun dengan antusias menyanyikan lagu-lagu dan menghafal Pancasila, menunjukkan semangat dalam proses pembelajaran di sekolah.


Kunjungan mendadak ini menjadi momen berharga bagi SDN Salatiga 03, di mana seluruh komunitas sekolah merasa diapresiasi dan didukung oleh Pj Wali Kota Salatiga dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan hubungan antara sekolah, orang tua, dan siswa.