Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Minggu, 19 November 2023, 20:32 WIB
Last Updated 2023-11-19T13:32:48Z
BALAI KOTATERKINI

Duh! Warga Keluhkan Sejumlah Sarana dan Fasilitas di Taman Tingkir Salatiga Mulai Rusak

Advertisement
Kondisi salah satu arena permainan anak rusak.


Laporan: Harvi Candra


SALATIGAPOS.COM - Masyarakat yang menikmati fasilitas Taman Tingkir Salatiga  yang berada di Jalan Tritis Sari No. 17, Kelurahan Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir mulai mengeluhkan sejumlah sarana dan prasana (Sarpras) yang mulai rusak.


Seorang warga, Ruli Iskandar  yang Minggu (19/11/2023) sore dijumpai salatigapos.com mengutarakan keluhan tersebut. Menurutnya kondisi beberapa sarana , selain banyak beberapa sarana mengalami kerusakan.


"Diantaranya beberapa arena permainan anak sudah mulai rusak dan bisa membahayakan jika terus digunakan,"katanya.


Selain itu, lanjut Ruli, fasilitas dalam hal ini toilet juga terlihat kotor tak terurus."Kami berharap pemerintah Kota Salatiga meninjau dan melakukan perbaikan,"harapnya.


Warga lainya, Susi Ernawati, masyarakat yang berkunjung diharapkan juga turut merawat dan menjaganya serta terpenting menjaga kebersihan.


"Jadi, dalam merawat taman Kota Tingkir juga dibutuhkan peran masyarakat untuk menjaganya agar awet,"terangnya.


Saat ini, lanjut Susi, banyak beberapa fasilitas yang ada mulai rusak dan terkesan seperti tidak dirawat.


"Kan mungkin ada anggaran untuk pemeliharaan itu dari pemerintah. Kami berharap segera dilakukan perbaikan. Soal itu kesanya tidak dirawat,"tuturnya.


Sebagai informasi, Taman Tingkir selesai dibangun tahun 2016 dengan waktu pengerjaan selama kurang lebih 5 bulan serta menghabiskan biaya kurang lebih Rp 4 miliar.


Taman Tingkir dibangun termasuk dalam kategori ruang terbuka hijau binaan yang didirikan dengan maksud untuk menciptakan keseimbangan antara ruang terbangun dan ruang terbuka hijau di Kota Salatiga berdasarkan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). 


Maksud itu merupakan bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Kota Salatiga No. 4 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Salatiga dalam penyediaan kebutuhan RTH kota masa kini yang proporsional.


Sertifikasi


Pada 7 Mei 2019, Taman Tingkir mendapatkan sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) dari pemeriksa Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PPPA).


Lalu, beberapa bulan kemudian, tepatnya tanggal 19 November 2019, tim pemeriksa yang diketuai oleh Teguh Pratomo melakukan audit periodik terhadap RBRA taman tersebut dalam rangka menjamin sertifikasi tersebut.


Kala itu, Teguh menyatakan bahwa RBRA taman itu tetap memenuhi persyaratan dengan beberapa perbaikan sebelum tanggal 31 Januari 2020, yaitu pengontrolan alih fungsi sebagian jalan yang menjadi tempat berdagang para PKL.(*)