Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Senin, 30 Oktober 2023, 21:51 WIB
Last Updated 2023-10-30T14:51:38Z
BALAI KOTATERKINI

Sosialisasi Forum Sahabat Protokol Salatiga dan Pedoman Keprotokolan Salatiga

Advertisement


Laporan: Harvi Candra

Editor: Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Sebanyak 65 peserta dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Salatiga dan organisasi kemasyarakatan setempat mengikuti Sosialisasi Kegiatan Forum Sahabat Protokol Salatiga dan Pedoman Keprotokolan Salatiga (PROSAGA) yang diadakan di Ruang Kalitaman pada Senin, (30/10/2023). 


Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga, Wuri Pujiastuti.


Dalam sambutannya, Wuri Pujiastuti menekankan pentingnya kegiatan ini karena dapat meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait serta mempromosikan tata protokol yang baik dan benar dalam penyelenggaraan berbagai acara.


"Kegiatan ini sangat bagus. Dan ternyata pelaksanaan kegiatan ini sudah kedua kalinya. Tidak dapat dipungkiri bahwa peran protokol sangat penting dan memiliki peran strategis untuk mendukung pelayanan publik kepada masyarakat," ujar Wuri.


Wuri juga menegaskan perlunya terus menjalankan strategi keprotokolan untuk menjalin hubungan dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan pentahelix, guna memastikan kerjasama yang baik.


Rohmawati Utami, yang menjadi pemateri protokoler, MC, dan Pembawa Acara dalam acara ini, menggarisbawahi pentingnya pelatihan dalam bidang protokol. Dalam pidatonya, ia menekankan perlunya berlatih untuk mengatur jalannya acara atau upacara serta menjadi seorang MC yang mampu memandu suatu acara dengan baik.


"Baik menjadi protokoler, MC, atau pembawa acara, diperlukan latihan. Selain faktor mental, kita juga perlu mempersiapkan diri dengan kemampuan vokal yang baik, intonasi, kecepatan, artikulasi, dan lainnya. Diharapkan melalui pelatihan bersama, pemahaman yang seragam tentang keprotokolan dapat tercipta," ungkap Rohmawati Utami.


Acara ini juga merupakan langkah perubahan yang diinisiasi oleh Kasubbag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Salatiga, Dwi Setyorini. Dalam sosialisasi tersebut, Dwi Setyorini menekankan bahwa kerjasama di bidang keprotokolan di lingkungan pemerintah Kota Salatiga harus berjalan sesuai dengan aturan yang ada.


"Forum Sahabat Protokol Salatiga dibentuk untuk menjadi wadah komunikasi bersama. Semoga perubahan yang dilakukan melalui Forum Sahabat Protokol Salatiga dan Pedoman Keprotokolan Salatiga (PROSAGA) akan meningkatkan efektivitas keprotokolan di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga. Mari bersama-sama majukan Forum Sahabat Protokol Salatiga sebagai inspirasi dan rujukan di Kota Salatiga," tambah Rini.


Selain itu dalam acara tersebut, peserta juga menerima secara simbolis buku Pedoman Keprotokolan Salatiga (PROSAGA), termasuk versi e-booknya, sebagai panduan penting dalam melaksanakan tugas keprotokolan di wilayah Kota Salatiga.(*)