Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Selasa, 24 Oktober 2023, 19:20 WIB
Last Updated 2023-10-24T12:20:16Z
PERISTIWATERKINI

Rem Blong, Minibus Membawa Rombongan Santri Terguling

Advertisement


Laporan: Harvi Candra

Editor: Riyadi


SALATIGAPOS. - Kecelakaan lalu lintas kembali terjadi di Jalan Lingkar Salatiga (JLS) tepatnya di turunan Salib Putih, Selasa (24/10/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. Dalam peristiwa tersebut melibatkan mini bus nopol K 7806 QC yang dikemudikan Zaki (21).


Minibus tersebut membawa penumpang rombongan santri dari Ponpes Al Iman Purworejo.


Kasi Humas Polres Salatiga, Iptu Henri Widyoriani mengatakan, diduga kecelakaan tersebut karena minibus mengalami gagal fungsi rem atau rem blong.


"Kendaraan terguling akibat gagalnya fungsi rem ditambah medan jalan yang turun curam dan menikung tajam,"kata Iptu Henri saat dikonfirmasi salatigapos.com.


Iptu Henri menjelaskan, kendaraan minibus melaju dari arah Kopeng menuju Salatiga. Karena laju kendaraan tidak bisa dikendalikan sehingga terguling.


"Dalam peristiwa tersebut 9 orang dari 18 penumpang mengalami luka-luka dan semuanya sudah mendapatkan perawatan di RSUD Salatiga,"jelasnya.


Iptu Henri menambahkan, kami dari Polres Salatiga tak henti-hentinya mengimbau kepada seluruh pengemudi kendaraan bermotor untuk selalu melakukan pengecekan kendaraan secara rutin dan berkala untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 


"Selalu hati-hati dalam berkendara, patuhi aturan lalu lintas dan patuhi aturan batas kecepatan. Keselamatan diri sendiri dan penumpang adalah yang utama,"pesan Iptu henri.


Zaki (21) pengemudi mini bus mengatakan, kendaraannya mengangkut sekitar 20-an santri rombongan dari Purworejo  dengan tujuan Demak. 


“Ketika berangkat kondisi kendaraan baik-baik saja, rem juga berfungsi dengan baik,” kata Zaki saat ditemui di lokasi kejadian.


Namun ketika sampai di turunan Salib Putih, ia merasakan remnya mengalami gangguan karena tidak berfungsi dengan baik. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan pengedara lain, Zaki pun mencoba untuk membunyikan klakson agar kendaraan lain menyingkir.


"Setiba di perempatan Salib Putih laju kendaraan tidak bisa dikendalikan sehingga akhirnya menabrak gason di tengah jalan dan juga menabrak pulau jalan dan langsung terguling ke tengah jalan dan mengalami kerusakan di bagian body depan dan samping,"terang Zaki.(*)