Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Jumat, 20 Oktober 2023, 10:48 WIB
Last Updated 2023-10-20T03:48:04Z
BALAI KOTATERKINI

Ciptakan Pemilu 2024 Damai, Ini Pesan Kapolres Salatiga

Advertisement


Laporan: Harvi Candra

Editor: Riyadi


SALATIGAPOS.COM - Polres Salatiga menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024 untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.


Kegiatan ini dalam rangka kesiapan personel dan sarana prasarana (Sarpras),berlangsung di Alun-alun Polres Salatiga, Jumat (20/10/2023).


Kapolres Salatiga, AKBP Aryuni Novitasari menegaskan pentingnya memastikan kelancaran pelaksanaan pengamanan Pemilu tahun 2023-2024. 


“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras operasi mantap brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar," jelasnya saat ditemui salatigapos.com, usai Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023-2024.


AKBP Aryuni mengungkapkan, dalam pelaksanaan apel ini diikuti unsur Forkopimda, TNI, BPBD, Basarnas, KPU dan unsur lainya dalam rangka memastikan bahwa personil kita sudah siap termasuk sarana prasarana yang akan kita gunakan pengamanan Pemilu 2024.


"Ada 500 ratus personil gabungan yang diterjunkan,"terangnya.


AKBP Aryuni menambahkan, untuk TPS di Kota Salatiga kategori kurang rawan dan aman. Tetapi kita harus tetap waspada untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.


Seperti dalam amanat Kapolri, juga disampaikan perlunya pemetaan dan penyelesaian potensi konflik sosial. Sehingga akar masalah serta antisipasi terhadap daerah-daerah yang rawan konflik selama Pemilu. 


“Upaya ini melibatkan pencegahan terorisme dan penanganan pelanggaran serta tindak pidana Pemilu secara profesional dan transparan,” tambahnya.


AKBP Aryuni menghimbau kepada masyarakat Kota Salatiga untuk bersama sama menjaga persatuan dan keamanan.


"Beda pilihan tidak masalah, tetapi tetap saling menghormati dan menjaga kesatuan. Sehingga Pemilu tahun 2024 berjalan kondusif, aman dan damai,"himbaunya.


Selain itu, lanjut AKBP Aryuni, Polres Salatiga juga akan melakukan pengecekan di gudang KPU.


"Operasi ini diharapkan akan menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif untuk pelaksanaan Pemilu 2024,"terangnya.


Ketua KPU Salatiga, Syaemuri mengatakan, untuk hari ini dijadwalkan datang kotak dan bilik suara. Sedangkan untuk jumlahnya berapa pihaknya mengaku belum tahu karena masih dalam pembongkaran.


"Untuk permintaannya sesuai dengan jumlah TPS. Sedangkan untuk pengamanan kita siapkan pengamanan internal. Tetapi kita juga tetap koordinasi dengan aparat Polres Salatiga maupun Kodim 0714/Salatiga,"pungkasnya.(*)