Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Senin, 04 September 2023, 11:08 WIB
Last Updated 2023-09-04T04:08:25Z
BALAI KOTATERKINI

Operasi Zebra Candi 2023 Digelar Mulai Hari Ini, Ini Pesan Wakapolres Salatiga

Advertisement


Laporan: Slamet Riyadi


SALATIGA | salatigapos.com - Polres Salatiga  menggelar Operasi Zebra Candi 2023 terhitung mulai hari ini, Senin (4/9/2023).


Operasi yang digelar selama 14 hari ke depan hingga 17 September 2023 itu, menyasar para pengendara yang tak patuh.


Wakapolres Salatiga, Kompol Iman Sudiyantoro mengatakan, Operasi Zebra Candi 2023 mempunyai sasaran meliputi seluruh bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat mengganggu kamseltibcarlantas.


"Diharapkan masyarakat lebih tertib dan disiplin dalam berlalu lintas guna menekan angka prlanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas  dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri,"kata Kompol Iman.


Kompol Iman menjelaskan, adapun penekanan dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023 antara lain yakni tugas secara profesional, bermoral dan humanis sesuai kondisi saat ini untuk menghindari polarisasi di masyarakat menjelang tahun politik.


"Optimalkan kegiatan edukasi dan binluh dalam membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas dan menjadi teladan dalam berlalu lintas."


"Laksanakam penegakan hukum dengan ETLE (statis, mobile hand held dan drone) dan tidak ada lagi penegakan hukum secara stasioner (razia) guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman, nyaman dan selamat,"tandas Kompol Iman.


Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Suci Nugraheni didampingi Kasi Humas, Iptu Henri Widyoriani mengatakan Operasi Zebra Candi 2023  tidak hanya berorientasi pada penegakan hukum.  Akan tetapi pelaksanaan kegiatan diarahkan pada pola edukatif dan binluh guna  meningkatkan kesadaran dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.


"Penegakan hukum 80 % dengan Etle (statis, mobile hand held) sedangkan 20% dengan tilanga manual terhadap pelanggaran kasat mata namun tidak ada penindakan secara stasioner (razia)," jelas AKP Suci saat dikonfirmasi harian7.com.


Dengan adamya Operasi Zebra Candi 2023 selama 14 belas hari muai hari Senin 04/09/2023 - 18/09/2023 diharapkan masyarakat lebih tertib dan disiplin dalam berlalu lintas.


"Jika masyarakat disiplin tentunya dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta fatalitas korba kecelakaan lalu lintas,"pungkas AKP Suci.