Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Senin, 07 Agustus 2023, 12:53 WIB
Last Updated 2023-08-07T05:53:27Z
BALAI KOTATERKINI

Mulai Hari Ini Materi Ujian SIM di Satlantas Polres Salatiga Resmi Berubah

Advertisement


Laporan: Muhamad Nuraeni


SALATIGA | salatigapos.com - Kabar seputar perubahan pola pada materi ujian SIM C, kini resmi di terapkan. Perubahan tersebut secara serentak di seluruh Satpas SIM di jajaran Polda Jateng sejak, Kamis (03/08/2023).


Hari ini Senin (7/8/2023), Satlantas Polres Salatiga  melaksanakan sosialisasi perubahan tersebut.


“Pagi ini kami menggelar kegiatan sosialisasi tentang Perubahan Bentuk Materi Ujian Praktik Surat Ijin Mengemudi (SIM) untuk pengguna sepeda motor (R 2) di lapangan praktik ujian SIM,” kata Kapolres Salatiga, AKBP Aryuni Novitasari saat memimpin acara sosialisasi di halaman Sat Lantas Polres Salatiga, Senin, (7/8/2023).


AKBP Aryuni menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini menyampaikan kepada masyarakat tentang adanya perubahan bentuk materi ujian praktik SIM roda dua.


"Sosialisasi ini juga melibatkan driver ojek online, supeltas salatiga dan warga masyarakat yang melaksanakan ujian praktek SIM,"jelasnya.


AKBP Aryuni berharap masyarakat mengetahui tentang adanya perubahan bentuk lintasan praktik ujian SIM roda 2 yang semula angka 8 dan zig-zag.


"Sekarang berbentuk S sehingga mempermudah masyarakat dalam menjalani ujian praktik untuk mendapatkan SIM, lintasan yang digunakan juga lebih lebar sesuai petunjuk terbaru dari Korlantas  Polri,"terangnya.


AKBP Aryuni menegaskan, terhitung mulai hari ini, Senin  tanggal 7 Agustus 2023, telah diberlakukan lintasan ujian praktik SIM terbaru dengan tujuan mempermudah masyarakat mendapatkan SIM.


"Semoga dengan kegiatan sosialisasi sekaligus peresmian jalur ujian praktik SIM yang lebih mudah ini dapat diterima dengan baik di masyarakat,"pungkasnya. 


Mardiyanto, salah seorang pengemudi ojek online yang mengikuti praktik ujian SIM di lintasan baru sangat antusias menyambut perubahan ini.


"Dengan lintasan ujian praktik yang model lama, angka 8 dan zig-zag memang sangat sulit dilalui, kadang sampai harus mengulang hingga dinyatakan lulus. Namun dengan lintasan baru ini, lebih mudah bagi saya dan teman-teman untuk mengikuti ujian praktik SIM yang tentu saja kesempatan mendapatkan SIM semakin mudah,'ucapnya. ungkapnya.(*)


Laporan: Slamet Riyadi