Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Selasa, 01 Agustus 2023, 00:21 WIB
Last Updated 2023-07-31T17:21:51Z
BALAI KOTATERKINI

Bulan Dana PMI Tahun Ini, Salatiga Targetkan Rp 400 Juta

Advertisement


SALATIGA | salatigapos.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), pelaku usaha, sektor pendidikan, dan masyarakat Kota Salatiga, turut mendukung dan berkontribusi aktif dalam Bulan Dana PMI.


Sebab, dana yang terkumpul dalam Bulan Dana PMI, dapat untuk membantu masyarakat, baik dalam penanganan kemiskinan maupun urusan kemanusiaan lainnya.


Menurut Sinoeng,  tidak hanya urusan darah saja, namun PMI bisa berkontribusi lebih dengan membantu sesama, baik itu penanganan kemiskinan maupun urusan kemanusiaan lainnya.


“Saat ini adalah momentum paling tepat, untuk memberikan kontribusi. Saya mengajak kepada warga, siapa pun dan di mana pun Anda berada berbuat sesuatu untuk sesama, karena setetes darah dan satu rupiah yang kita berikan sangat berguna bagi kemanusiaan,”katanya seusai memimpin Apel Luar Biasa dalam rangka Pencanangan Bulan Dana PMI Kota Salatiga tahun 2023, di Halaman Pemkot Salatiga, Senin (31/07/2023). 


Ia menambahkan bahwa Bulan Dana PMI tahun ini ditargetkan dapat mengumpulkan anggaran sebesar Rp400 juta.


Pengumpulannya dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap I pada Agustus hingga Oktober 2023, dan tahap II pada November 2023. Karenanya, dia mendorong semua pihak untuk berpartisipasi.


“Tidak berlebihan kalau kita lebih ekspansif dengan melebarkan sayap potensi-potensi yang dapat turut berpartisipasi, baik BUMN, BUMD yang ada di Salatiga, ASN dan termasuk dunia usaha serta beberapa satuan pendidikan,"ucap Sinoeng.


Ia berharap akan lebih memberikan daya dorong kepada PMI, untuk tidak sekadar urusan darah dan transfusi, namun keberpihakan juga membangun kolaborasi dalam rangka penanggulangan kemiskinan, kebencanaan, tentang stunting, dan program kemanusiaan lainnya di Pemerintah Kota Salatiga.


Sinoeng mengapresiasi terhadap semua pihak yang telah bersama-sama ikut dalam penggalangan dana tersebut, sehingga keberpihakan itu bermanfaat untuk masyarakat.


Iapun optimistis penggalangan dana tahun ini akan sesuai target, bahkan akan lebih baik dari pada tahun yang lalu. Terlebih, dengan dukungan Baznas, Lazismu, Apindo, PHRI, di mana semuanya hadir dan nyengkuyung bulan dana PMI tersebut.


“Keyakinan saya semakin membuncah di bawah pimpinan PMI Muh Haris, mantan Wakil Wali Kota Salatiga, gerakan bulan dana PMI ini sudah menyentuh pada sentuhan kemanusiaan. Ora penting sapa sira, sapa ingsun, namun bagaimana kontribusi kita terhadap kemanusiaan untuk ngrogoh ati dan berbuat baik kepada sesama,”ungkapnya.


Kepala Kejaksaan Negeri Kota Salatiga, sekaligus Ketua Bulan Dana Bakti PMI tahun 2023, Herwin Ardiono mengatakan Bulan Dana PMI bisa mendorong masyarakat untuk bersama-sama menumbuhkan jiwa kemanusiaan dalam membantu sesama.


“Saya mohon dukungan dari semuanya saja. Ayo kita berpartisipasi, tidak hanya pada setetes darah saja melainkan pada kemanusiaan yang lain. Memanusiakan manusia itu yang lebih penting, dan ingat, Bulan Dana ini akan meningkatkan toleransi dan jiwa kemanusiaan kita,” tandasnya.


Selain kegiatan pencanangan Bulan Dana PMI tersebut, Pemerintah Kota Salatiga juga akan melepas 12 PNS yang memasuki masa purna tugas mulai tanggal 1 Agustus 2023, yang diwakili oleh Muamir Marzuqi dan Agung Sambadagni. Kemudian Penjabat (Pj) Wali Kota juga menyerahkan pemenang lomba video ucapan Hari Jadi ke-1273 Kota Salatiga.(*)


Laporan: Slamet Riyadi