Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Jumat, 21 Juli 2023, 20:46 WIB
Last Updated 2023-07-21T13:46:19Z
BALAI KOTATERKINI

Seri III Kejurnas Grasstrack Kasal Cup 2023 Resmi Dibuka

Advertisement


SALATIGA | salatigapos.com - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono membuka secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Seri III Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023, di sirkuit Jangkar, Kampus UIN Salatiga, Jumat (21/7/2023).


Event Nasional ini berkerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).


Pantuan salatigapos.com dilokasi, acara bergengsi ini dihadiri jajaran petinggi TNI AL, Forkopimda se- Kota Salatiga dan tamu undangan.


Selain itu juga nampak masyarakat memadati area Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023.


Para tamu undangan dan masyarakat yang hadir terkesima dengan aneka pertunjukan terjun payung dan kesenian reog serta indahnya pemandangan pegunungan disekitar.


Saat membuka acara ini, Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengungkapkan bahwa dirinya adalah putra daerah atau asli lahir di Kota Salatiga.


"Saya asli Salatiga, lulusan SMA 1 Salatiga. Dan Salatiga banyak menghasilkan pahlawan serta prajurit-prajurit tangguh khususnya TNI AL," ujar Wakasal.


Wakasal menjelaskan, gelaran Kejurnas Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 ini diikuti peserta sebanyak 200 orang. Para peserta tersebut dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.


Iapun membeberkan kenapa digelar di Salatiga."Penunjukan Salatiga menjadi tempat diselenggarakannya kejuaraan di putaran ke-3 bukan tanpa alasan, dimana tokoh Pahlawan TNI AL Yos Sudarso merupakan salah satu Perwira yang lahir dari kota ini,"ungkap Wakasal.


Diselenggarakanya even ini, Wakasal berharap agar semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap TNI AL sekaligus memberikan motifasi generasi muda bangsa untuk bergabung menjadi prajurit TNI AL.


Di sisi perekonomian warga, Wakasal merasakan jika dirinya yakin digelarnya Grasstrack Junior Motocross Supertrack Championship Kasal Cup 2023 dapat mewadahi bagi para pecinta olahraga otomotif yang ada di Indonesia.


"Serta menjadi ajang pencarian potensi muda berbakat yang dapat mengukir prestasi di tingkat nasional hingga internasional,"paparnya.


Diberitakan sebelumnya, Kejuaraan putaran ke-3 dari 5 seri kejuaraan yang digelar oleh TNI AL pada Kasal Cup 2023 putaran pertama/ ke-1 telah diselenggarakan di Mojokerto Jawa Timur.


Kemudian putaran ke-2 di Kota Tegal, ke-3 saat ini di Salatiga Jawa Tengah, ke-4 akan diselenggarakan di Gresik Jawa Timur dan terakhir putaran ke-5 di Deli Serdang.


Pada putaran kali ini, sedikitinya 300 starter  dari seluruh Indonesia akan beradu kecepatan di sirkuit Jangkar.


Selain itu, dalam gelaran Kejurnas Motocross,  juga diselenggarakan sejumlah kegiatan diantaranya Yos Sudarso Navy Fun Bike, Yos Sudarso Navy Push Bike, Yos Sudarso Navy Fun Run 5 K dan 10 K, Kompetisi Modifikasi Motor, Lomba Mewarnai untuk anak, Navy Fashion Show, Cheff Competition, Senam Bersama, Festival Band, Kids Talent Competition, Bakti Kesehatan serta Donor Darah, hingga pameran sejumlah Alutsista TNI AL.(*)


Laporan: Slamet Riyadi

Editor: Bang Noer