Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement

Redaksi Salatiga Pos
Rabu, 19 Juli 2023, 04:14 WIB
Last Updated 2023-07-18T21:14:38Z
SEPUTAR JATENGSUDUT KOTATERKINI

Persiapan Sirkuit Jankar UIN Salatiga Untuk Kejurnas Motocross KASAL Cup 2023 Capai 99 Persen

Advertisement


SALATIGA | salatigapos.com - Kota Salatiga berkesempatan menjadi tuan rumah pada seri ketiga Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross KASAL (Kepala Staf TNI AL) Cup 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Jangkar, pada Sabtu - Minggu, 22-23 Juli 2023.


Saat ini pengerjaan sirkuit motocross bertaraf Nasional di lahan seluas 4 hektare yang terletak di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga atau tepatnya di sisi timur Kampus III UIN Salatiga tersebut telah memasuki tahap akhir.


Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi sebagai panitia pelaksana mengatakan, event ini digelar di Kota Salatiga sebagai perwujudan bakti TNI AL kepada Laksamana Muda TNI  Yosaphat Soedarso (Yos Sudarso) yang berasal dari Kota Salatiga.


Selain itu, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purnomo juga berasal dari Kota Salatiga.


"Pengerjaan trek motocross berbentuk jangkar setidaknya dibutuhkan anggaran Rp 500 juta. Trek ini  nantinya akan dipakai untuk beberapa kejuaraan,"kata Hariyono, Selasa (18/7/2023).


Lebih lanjut Hariyono mengungkapkan, keberadaan Sirkuit Jangkar serta penyelenggaraan Kejurnas Motocross ini diharapkan bisa membangkitkan geliat perekonomian masyarakat Kota Salatiga.


"Peningkatan perekonomian ini nanti yang terpenting, karena Lamongan bisa menjadi tuan rumah event besar kejurrnas motocross. Sehingga ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Salatiga, baik itu UMKM maupun  penyedia penginapan / hotel akan terimbas," katanya.


Motocross KASAL Cup 2023 ini diharapkan bisa memberikan multiplier efek secara ekonomi kepada warga Kota Salatiga.


"Dalam event ini  juga digelar berbagai kegiatan lainnya seperti bazar UMKM, festival hiburan, kegiatan sosial dan lainnya. Diharapkan event ini mampu menyedot masyarakat untuk menghadirinya,"tandas Hariyono.


Ia menjelaskan, trek yang dibangun bekerja sama dengan UIN Salatiga tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan kejuaraan daerah motocross lainnya baik di tingkat senior atau yunior.


''Adanya event-event berskala nasional di Kota Salatiga maka diharapkan akan berdampak positif bagi perekonomian Kota Salatiga,'' jelas Hariyono.


Maka, adanya event nasional di Kota Salatiga tersebut juga akan semakin membuat wisatawan daerah lain datang ke Kota Salatiga.


Sehingga besar harapan para wisatawan domestik dan asing yang datang ke Salatiga membelanjakan uang mereka di Salatiga.


"Dalam event ini nanti juga akan dihadiri Wakil KASAL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono. Beliau juga berasal dari Salatiga,"tambah Hariyono.(*)


Laporan: Slamet Riyadi